post-image

Universitas Jambi ( UNJA ) dukung Geoark Nasional Sawahlunto jadi Kampus Lapangan

Mahasiswa FakuItas Sains dan Teknologi Program studi Teknik Geologi Universitas Jambi Kembali hadir mewarnai Kawasan Geopark Nasional Sawahlunto, dalam kunjungan kuliah lapangan pada tanggal 8-9 Mei 2024 untuk yang ke empat kalinya, dalam kunjungan kali ini Para Dosen dari UNJA tersebut menuai pesan dan kesan yang sangat menambah dan membangkitkan semangat dan adrenaline Badan Pengelola Geopark Nasional Sawahlunto untuk lebih maju dan lebih baik lagi kedepannya.
selama kunjangan ini berlansung ketua Umum Geopark Nasional Sawahlunto Dr.dr. Ambun Kadri, MKM mengatakan " Kita menugaskan dua Pemandu Geowisata Indonesia ( PGWI / PGWI Ranah Minang) Fetra Ramadona dan Dedi Noveri yang sudah disertifikasi agar kegiatan mahasiswa lebih terbantu karena Anggota PGWI ini yang selalu menerima dan mendampingi setiap kunjungan Akademisi ke Kawasan Geopark Nasional Sawahlunto. dengan telah dilakukannya rutin kegiatan kemahasiswaan ini di kota sawahlunto ini kita Pemko Sawahlunto kedepannya juga akan segera merencanakan dan melakukan MOU dengan UNJA dan khususnya juga dari BP Geopark Nasional Sawahlunto juga wajib Kerjasama dengan Fakultas kemitraan agar kunjungan pertahun itu lebih meningkat lagi dan lebih berasa kekeluargaannya untuk Bersama sama membudayakan jiwa konservasi khususnya di Kawasan Geopark Nasional Sawahlunto. Universitas Jambi yang berkegiatan di Kawasan Geopark Nasional Sawahlunto ini yakni, Rakhmatul Arafat, M.T., Anggi Deliana S, S.T., M.T., Ir. Yulia Morsa Said , M.T., Hari Wiki Utama, S.T., M.Eng, D.M. Magdalena Ritonga, S.T., M.T., Bagus Adhitya, S.T., M.T. , dua Teknisi Administrasi dan 58 orang Mahasiswa. dikesempatan ini D.M. Magdalena Ritonga, S.T., M.T. menuturkan " untuk Geopark Nasional Sawahlunto pertama yaitu penciri khas karakter karakter Formasi pada Geosite di Kawasan ini sudah terwakili jadi memudahkan kita praktisi atau akademisi dilapangan untuk melihat bagaimana pola sebaran formasi dan pola unik yang ada di Kawasan ini terutama, untuk BP Geopark Sawahlunto ini sebenarnya sudah bisa dibilang eksis ya, sudah bisa menguasai kawasannya sendiri sudah mengetahui dan familiar terhadap potensi yang ada dan hal itu sangat membantu Ketika kita mau mengenal tentang sawahlunto terutama tentang kondisi geologinya secara luas, pesan saya untu BP Geopark Nasional Sawahlunto terkait kegiatan kegiatan Akademisi baik dari Universitas manapun yang mana saat ini geologi itu bersifat mobile dan berkembang serta terupdate mari sama sama belajar mengembangkan potensi potensi terutama geowisata dan tidak hanya geologi saja Bio misalanya culturenya juga supaya sawahlunto bisa lebih berkembang lagi dan untuk Akademisi harapan kami agar sawahlunto dapat menjadi kampus lapangan yang kemungkinan kalau bisa dibantu sama sama sawahlunto akan menjadi kampus lapangan pertama disumatera karena sawahlunto sudah dikunjungi kampus besar lainnya termasuk Luar Negeri. ujar Lena.
Anggi Deliana S, S.T., M.T. juga berpesan " pada kegiatan kami ini kami mengucapkan terimakasih kepada Tim Badan Pengelola Geopark Nasional Sawahlunto yang sudah mendampingi kami dari hari pertama kegiatan sampai hari terakhir kegiatan kami disawahlunto kemudian kami juga melakukan kegiatan setiap tahunnya di Kawasan ini dan ini adalah kegiatan keempat kalinya kami disini, kegiatan ini akan kami perluas lagi karena kita menemukan kontak kontak formasi salah satunya formasi sawahlunto, sawah tambang, sangkarewang formasi brani dan beberapa formasi tuhur yang kami dapatkan dikegiatan pemetaan di Kawasan ini, luar biasanya sawahlunto adalah banyak terdapat beragam fosil dari fosil flora fauna, baik fauna air tawar maupun fauna laut dangkal banyak terdapat disawahlunto, beberapa yg kami dapatkan adalah fosil moluska, brachiopoda, fosil gurami dari air tawar dan ada juga pakis fosil kayu kemudian juga beberapa singkapan, kegiatan ini juga bertujuan memberikan informasi beberapa data yang mungkin data yang update data yang baru untuk kegiatan geologi disawahlunto, kami sangat terkesan dan semoga semakin bertambah materi bertambah juga kegiatan di Kawasan geopark nasinal sawahlunto, kami juga berkesempatan ke PIG Geopark Nasional Sawahlunto yang baru yaitu di Kawasan Kandi untuk melihat beberapa singkapan yang menjadi ciri khas sawahlunto terutama sangkarewang jadi luar biasa sekali keberagaman sawahlunto baik geodiversity, biodiversity dan culturediversitynya dan memang sudah mencakup tiga parometer di geopark ini, ujar Anggi.
Kita seperti biasa menerima tamu melayani dan memandu dilokasi lokasi yang akan dikunjungi dikawasan Geopark Nasional Sawahlunto ini, ini kunjungan besar kedua dari Akademisi dari Gelogyst pada tahun ini yang sebelumnya dari Fieldtrip Pertamina MK dan UNPAD sekarang dari UNJA, setiap orng adalah guru dan setiap tempat adalah sekolah, kami dari PGWI ranah minang dalam hal ini akan terus memberikan pelayanan dan terkhusus kami dari Tim pengelola Geopark Nasional Sawahlunto, karena meskipun ini hanya alam tapi ini juga berdampak luar biasa pada wisatanya menjadi Geowisata, setiap kegiatan akan menambah kunjungan tentu saja menambah uang masuk ke Sawahlunto dan bermuara kepada kesejahteraan masyarakan seperti quotenya geopark itu sendiri, muliakan bumi sejahterakan masyarakat. kata Fetra Ramadona
Geopark Nasional Sawahlunto terus berbenah dan terus melakukan evaluasi sehingga visi misi di Geopark Nasional Sawahlunto nantinya terwujud dari kegiatan penelitian, edukasi dan kampus lapangan menjadi Geowisata.